KAI Hadirkan Livery Idulfitri 1446H di Kereta Api, Dukung Industri Kreatif Lokal

MaduraPost melaporkan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meriahkan suasana Ramadan dan Idulfitri tahun ini dengan meluncurkan Livery Tematik Idulfitri 1446H. Livery tersebut menghiasi

Redaksi

KAI Hadirkan Livery Idulfitri 1446H di Kereta Api, Dukung Industri Kreatif Lokal

MaduraPost melaporkan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meriahkan suasana Ramadan dan Idulfitri tahun ini dengan meluncurkan Livery Tematik Idulfitri 1446H. Livery tersebut menghiasi lokomotif, eksterior kereta, dan kabin penumpang beberapa kereta api unggulan KAI, seperti KA Bima, KA Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga, KA Blambangan Ekspres, KA Gajayana, dan KA Argo Dwipangga. Peluncuran resmi dilakukan di Stasiun Gambir pada 14 Maret 2025.

Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan. Acara peluncuran dihadiri oleh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar; Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo; General Manager Publishing Gramedia, Wahyu Raharjo; jajaran Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Kementerian Perhubungan; serta para kreator komik Jasmine H. Surkatty (GaJelas) dan Seto Buje (Bedil). Kehadiran mereka menandakan dukungan terhadap industri kreatif lokal dan pentingnya tradisi mudik bagi masyarakat Indonesia. Puncak acara ditandai dengan penyerahan mockup komik bertema "Tipe Pemudik" kepada Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, yang kemudian diteruskan kepada Direktur Utama KAI, sebagai simbol kolaborasi antara industri kreatif dan sektor transportasi publik.

KAI Hadirkan Livery Idulfitri 1446H di Kereta Api, Dukung Industri Kreatif Lokal
Gambar Istimewa : swamediainc.storage.googleapis.com

Wakil Menteri Ekonomi Kreatif menyampaikan pesan dari Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Hasya, bahwa kolaborasi ini mendukung kreasi anak bangsa melalui Intellectual Property (IP) lokal, dan berharap sektor ekonomi kreatif menjadi pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menambahkan bahwa inisiatif ini bertujuan mengangkat kreativitas lokal dan membuka peluang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem transportasi yang lebih baik.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa Livery Tematik Idulfitri tahun ini dirancang lebih menarik dengan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik. Desain unik ini diharapkan memberikan kesan ceria kepada penumpang. Desain livery merupakan hasil kolaborasi Kementerian BUMN, Kementerian Ekonomi Kreatif, Elex Media, dan karakter dari komik GaJelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends. Mengusung tema "Bersama KAI Menyambung Silaturahmi", KAI ingin memberikan pengalaman perjalanan yang lebih berwarna. Livery menampilkan elemen khas Ramadan dan Idulfitri seperti ketupat, masjid, dan motif Islami dengan warna-warna cerah. Ilustrasi dinamis pada eksterior kereta menggambarkan perjalanan mudik, sementara ornamen dekoratif dan ilustrasi menarik di kabin penumpang menambah atmosfer Ramadan dan Idulfitri. Kehadiran karakter Bedil, Tuti, dan Budi menambah daya tarik visual, terutama bagi anak-anak.

Pemasangan livery juga merupakan bentuk apresiasi KAI kepada pelanggan setia. KAI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan program menarik guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan, seperti promo mudik lebih awal dan Ramadan Festive.

Berita ini juga terbit di: www.vritimes.com/id

Mohon maaf, Foto memang tidak relevan. Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Klik Laporkan. Terima Kasih
Laporkan

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar