Melansir MaduraPost, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo, melakukan peninjauan layanan penumpang Commuter Line di Stasiun Manggarai dan layanan khusus disabilitas di Stasiun Juanda pada Senin (17/2). Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan lingkungan inklusif bagi seluruh pengguna kereta api, termasuk penyandang disabilitas.
Didiek Hartantyo secara langsung meninjau implementasi Kartu Disabilitas yang baru diluncurkan KAI Commuter. Kartu ini berfungsi sebagai identitas penyandang disabilitas sekaligus Kartu Multi Trip (KMT) untuk pembayaran tiket Commuter Line. "KAI, melalui KAI Commuter, menyadari peningkatan signifikan jumlah penumpang disabilitas yang menggunakan Commuter Line dan mereka harus terlayani dengan baik. Kartu Disabilitas ini wujud nyata upaya kami menciptakan ekosistem transportasi yang lebih inklusif," ujar Didiek.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa peluncuran Kartu Disabilitas merupakan respons atas masukan dari berbagai pihak, terutama penyandang disabilitas pengguna Commuter Line. "Berbagai kebutuhan pengguna disabilitas dapat terfasilitasi dengan Kartu Disabilitas ini, menjadi prioritas, dan mudah dipantau oleh sesama penumpang dan petugas," kata Anne Purba. Ia menambahkan bahwa peningkatan layanan ini sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas dan Standar Pelayanan Minimum (SPM). "Kami berharap Commuter Line lebih aksesibel bagi semua kalangan, termasuk penumpang disabilitas," tambahnya.
Kartu Disabilitas dapat diperoleh melalui pendaftaran online di https://shorturl.at/YSm6d dan pengambilan kartu di stasiun-stasiun tertentu. KAI Commuter juga menyediakan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 sejak akhir 2019. Pada 2024, layanan ini telah digunakan 883 pengguna disabilitas, meningkat 19% dari 741 pengguna pada 2023.
Anne Purba juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk saling peduli dan memberikan tempat duduk kepada pengguna yang membutuhkan, seperti penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia, dan penumpang prioritas lainnya. KAI berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna jasa kereta api.
Berita ini juga terbit di: www.vritimes.com/id