Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat suku di India. Kemitraan dengan Reliance Retail akan memfasilitasi pasokan produk-produk suku dalam jumlah besar ke jaringan ritel mereka, termasuk inisiatif pengadaan berkelanjutan, branding, dan promosi. HCL Foundation akan memberikan pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi para pengrajin suku untuk meningkatkan kualitas dan portofolio produk mereka. Sementara itu, kolaborasi dengan Torajamelo Indonesia akan membuka akses pasar internasional bagi produk-produk tersebut, khususnya di Indonesia, dan mendorong pertukaran budaya.
"Aadi Mahotsav," festival yang berlangsung dari 16 hingga 24 Februari 2025, memberikan kesempatan bagi para pengrajin suku untuk memasarkan produk mereka secara langsung kepada konsumen di kota-kota besar. Festival ini diresmikan oleh Presiden India, Droupadi Murmu, dan dihadiri oleh pejabat pemerintah lainnya.

MoU ini merupakan langkah penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat suku, membantu mereka memasuki pasar nasional dan internasional, serta meningkatkan kesejahteraan mereka. Inisiatif ini sejalan dengan upaya TRIFED untuk mengintegrasikan masyarakat suku ke dalam arus utama pembangunan ekonomi.
Tentang TRIFED, Reliance Retail, HCL Foundation, dan Torajamelo: Informasi lebih lanjut mengenai keempat organisasi ini dapat ditemukan di dalam artikel aslinya.
Berita ini juga terbit di: www.vritimes.com/id